Selasa, 05 Mei 2015

Batu Akik dan Jenisnya

Pengertian Batu Akik, Batu akik ataupun batu permata adalah satu buah bebatuan mineral, batu yang dibentuk dari hasil prosedur geologi yang unsurnya terdiri atas satu ataupun sejumlah komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan juga diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles se-belum dijadikan perhiasan.




Di dunia ini tidak seluruh area mengandung Batu Akik, Di Indonesia cuma sejumlah area yang mengandung batu permata antara yg lain di provinsi Banten dengan Kalimayanya, di Lampung dengan batu jenis-jenis anggur yang menawan dan juga jenis cempaka, di Pulau Kalimantan dengan Kecubungnya (amethys) dan juga Intan (berlian). Batu permata mempunyai nama dari mulai huruf a hingga huruf z yang diklasifikasikan menurut kekerasannya yang dikenal dengan Skala Mohs dari satu hingga sepuluh. Permata yang ter diminati di dunia adalah yang berkristal yang selain jenis batu mulia seperti Batu Berlian, Batu Zamrud, Batu Ruby dan juga Batu Safir, batu-batu akik jenis anggur seperti Biru Langit, bungur ataupun kecubung yang punya asal dari Tanjung Bintang, Lampung kali ini banyak di buru oleh para kolektor sebab kualitas kristalnya.

Apa Itu batu akik?

Pamor batu akik selaku batu aji alias jimat telah lama dikenal manusia. Konon, batu ini dapat dijadikan pemikat, penolak bala, obat, fasilitas kesaktian diri dan juga sebagainya. “Kekuatan” apa saja sesungguhnya yang tersimpan di balik batu akik

Batu akik digandrungi banyak manusia rupanya bukanlah melulu sebab keindahannya. Ada jua yang mem-beli, mengoleksi, merawat, lebih-lagi mati-matian memnrurunya lantaran mempercayai kekuatan gaib yang tersimpan di dalamnya. Percaya ataupun tidak, nyatanya memang ada batu akik yang terasa nyes dinginnya ketika digenggam. Tidak Cuma tersebut, ada jua batu akik yang bermuatan magnet, lebih-lagi listrik. Malahan yang dapat melekat erat ketika ditempelkan di kaca ataupun di lidah pun ada. Inikah, antara yg lain, yang dimaksudkan dengan “kekuatan” batu akik tersebut?

Konon, batu akik yang hendak dijadikan jimat, obat, lambang, ataupun apapun namanya bukanlah batu akik sembarang akik. Selain jenisnya tertentu, batu akik tersebut jua harus asli alias alami. Batu akik sintetis dianggap tidak memiliki kekuatan gaib, sebab bikinan manusia. Sayangnya, menurut manusia yang mengaku tahu perihal perakikan, kekuatan gaib tersebut tidak senantiasa mendatangkan keberuntungan ataupun hal hal positif lainnya. Ada jua batu akik yang “kesaktiannya”, katanya, justru dapat mendatangkan sial bagi pemilik ataupun pemakainya.

Siapa pun seyogianya harus berhati-hati memilih dengan maksud untuk memiliki lima benda dibawah ini untuk dijadikan harta, pusaka, ataupun klangenan. Kelimanya adalah curigo (keris), turonggo (kuda), Kukilo (burung perkutut), wanito (isteri), dan juga selo alias batu mulia ataupun batu akik. Soalnya, kelima benda tersebut memiliki katuronggo (ciri ataupun tanda), baik ciri baik yang membahagiakan maupun ciri yang dapat mencelakakan. Menurut contoh yang dirujuk dari sahibul riwayat raja-raja Inggris dulu kala, konon ada raja tertentu ataupun permaisurinya, lebih-lagi keluarga dekat kerajaan yang mengalami kesialan dengan cara mengenaskan gara-gara batu akik. Contohnya, dikudeta dari kedudukannya selaku raja diraja ataupun malu hati berat lantaran kalah perang. Ada jua yang meninggal (dengan cara baik-baik) ataupun sebab dihukum mati ketika tengah menduduki takhta.

Dipercaya semenjak dulu kala Khasiat batu akik untuk mengobati bermacam-macam penyakit, selaku penolak setan ataupun roh jahat, dan juga target yg lain tercatat semenjak zaman filsuf kondang seperti Plato, Herodutus, Theopharatus, dan juga Pliny. Lebih-lagi, dalam catatan dokumentatifnya, filsuf St. Hildegrade yang hidup kepada abad XII memberikan petunjuk bagaimana cara menggunakan batu Yacinth alias Yakut, yang di sini (Indonesia pen, )#) dikenal dengan sebutan Biduri Langit, selaku penolak bala.
Disebutkan, batu akik tersebut diputar-putarkan di atas sekerat roti. Kepada ketika yang sama, mulut mesti berkomat-kamit mengucapkan mantra. Selain tersebut, sang pasien diminta menghabiskan roti yang telah dimantrai. Seketika, katanya, sembuhlah dia.

Yg lain lagi halnya dengan Kaisar Prancis, Napoleon I dan juga Napoleon III. Mereka ber-2, konon, sama-sama mengenakan cincin bermata batu Karnelian alias Akik Kendit selaku jimat. Dengan cincin ini, menurut cerita dari mulut menuju kuping yang beredar di negeri tersebut, Napoleon I maupun Napoleon III tidak tembus ditombak dan juga tidak mempan ditembak. Namun, ternyata Napoleon III akhirnya terbunuh jua dalam Perang Zulu. Lho, kok dapat? Sebabnya, masih katanya, sebab dia lalai menggunakan cincin Karneliannya. Owala! “Keajaiban” begitulah yang lalu mengilhami tentara Hitler. Hampir seluruh prajurit lalu melengkapi dirinya dengan akik Badar Besi, yang sesungguhnya punya asal dari batuan mineral hematit. Selain akik Badar Besi, ada pula batu aji yg lain yang jua dipercaya dapat membikin kebal pemakainya. Jimat ini di Indonesia dikenal dengan nama Kul Buntet, suatu fosil kerang yang mengandung dan juga terlapisi mineral Pirit.

Uniknya, di kalangan masyarakat Barat pun – yang sering kita nilai amat realitis – semenjak dahulu telah berkembang dengan sumbur kepercayaan hendak kekuatan batu akik. Banyak yang menggunakannya selaku lambang kelahiran, yang dikaitkan dengan keselamatan dan juga nasib baik seseorang.

Kelahiran kepada hari Minggu dilambangkan dengan Topas alias akik Cempaka. Hari senin dengan Kinyang Es (kristal kuarsa), dan juga Hari selasa dengan akik Tirto Merto (Emerald alias Zamrud) ataupun akik Mirah Delima (rubi). Sementara bayi yang lahir kepada hari rabu hendaknya dihadiahkan akik Kecubung Asihan (ametis) ataupun akik Badar Besi (hematit). Kelahiran Hari kamis dilambangkan dengan akik Kendit (karnelian) ataupun Nilam (Yakut). Jum’at dengan batu Bola mata Kucing alias akik Garuda Soca (kristal kuarsa), dan juga kelahiran kepada hari sabtu dilambangkan lewat batu Pirus (turquis).

Kalau bukanlah kepada hari kelahiran, mereka sering pula merujuk kepada pakem astrologi. Seseorang dalam naungan bintang Capricornus (lahir di bulan januari) disarankan memilih batu permata jenis Garnet. Yang berbintang Aquarius (Bulan februari) lebih memilih Kecubung Asihan. Pisces (Bulan maret) cocoknya Aquamarin ataupun akik Badar Besi, dan juga manusia berbintang Aries (Bulan april) lebih pas memilih Intan ataupun Kristal Kuarsa. Kalau Kamu berbintang Taurus (Bulan mei) –yang ini jua masih katanya- lebih cocok menggunakan Zamrud ataupun Krisopras.

Manfaat Dan juga Khasiat Batu Akik Menurut WARNA

1.BATU AKIK PUTIH

Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia dari berlian putih, kwarsa yang jernih, mutiara putih, akik putih yang tranparant dan juga kalsit, Safir putih, biduri bulan, biduri laut, moonstone. Warna dari bebatuan ini memunculkan sumber energi di bagian kepala (ubun-ubun), cakra tertinggi (yang menuju tujuh). Selain tersebut diyakini menghasilkan getaran-getaran yang positif untuk menolong menciptakan harmonisasi, kesembuhan dan juga menjaga kesehatan tubuh.

2.BATU AKIK UNGU

Warna ini meliputi jenis: kecubung (ametis) dan juga turmalin ungu. Warna ungu masih berkaitan dengan kepala selaku cakra menuju tujuh (Cakra Mahkota). Getaran jenis ini amat menolong menumbuhkan ketenangan, mengurangi emosi yang negatif; lebih banyak menghasilkan getaran feminin; baik untuk menolong pengembangan kebatinan yang positif, dan juga daya stamina tubuh.

3. BATU AKIK BIRU, BIRU TUA

Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia safir, turmalin, lapis lazuli, batu-batu yang berwarna agak biru tua. Getaran warna dan juga jenis batu terkait dengan cakra menuju enam (Cakra Adnya – yang terletak di tengah kening kepala). Getaran jenis ini menolong menumbuhkan kebijaksanaan, mengembangkan intuisi, memperkuat bola mata dan juga telinga, memperkuat daya-ingat, lebih-lagi menolong mempertinggi kepekaan terhadap dunia supranatural.

4. BATU AKIK HIJAU KEBIRU-BIRUAN DAN JUGA BIRU MUDA

Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia pirus, akuamarin, topas biru, malasit biru, kwarsa yang biru, jua turmalin yang biru. Getaran warna dan juga jenis batu ini, berkaitan dengan cakra yang menuju lima (yang terletak di tenggorokan). Pengaruh getarannya menolong dalam kelancaran berbicara dan juga bernyanyi, menyehatkan bagian leher, tenggorokan, dan juga bagian bahu. Selain tersebut getarannya menolong manusia men-jadi lebih bijaksana.

5. BATU AKIK HIJAU

Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia giok, zamrud, malasit hijau, peridot, turmalin, kalsit yang hijau, mata-kucing yang hijau -hijau muda, dan juga Batu Bacan. Warna hijau berkaitan dengan cakra yang menuju empat (yang terletak di daerah jantung/dada). Getarannya menolong memperkuat jantung, menumbuhkan kasih-sayang, menambah kesadaran-materi (kebendaan) dan juga memperkuat otot-otot dan juga syaraf beserta dapat mengurangi emosi yang menghasilkan energi negatif.

6. BATU AKIK KUNING DAN JUGA KUNING-KEEMASAN

Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia Topas Kuning, Safir Kuning, Citrin, dan juga mata-kucing yang kekuning-kuningan. Warna dan juga getarannya berkaitan dengan cakra menuju tiga (yang terletak di dekat pusar). Diyakini getarannya dapat menolong menambah energi-jantan (maskulin), memperkuat vitalitas laki-laki, memperkuat tubuh dengan cara umum dan juga menolong jua pengembangan cakra menuju tiga.

7.BATU AKIK MERAH JINGGA-ORANYE

Warna yang satu ini dihasilkan dari seluruh jenis akik (terutama mengarah menuju warna oranye), citrin yang jua mengarah menuju warna oranye dan juga carnelia. Warna dan juga jenis ini berkaitan dengan cakra yang menuju dua (yang terletak sedikit di bawah pusat/puser). Pengaruh getarannya menolong memperkuat daya kemampuan vitalitas, memperkuat daya-kreatif dan juga memperkuat cakra menuju dua.

8.BATU AKIK MERAH JAMBU

Warna yang satu ini dihasilkan dari kwarsa ros, tourmalin, garnet dan juga koral, dan juga batu-batu yang berwarna merah-jambu. Diyakini getarannya menambah kehalusan cinta, kehangatan yang damai dan juga positif. Selain tersebut batu-batu ini jua dapat mempengaruhi cakra yang menuju empat, yaitu daerah jantung.

9. BATU AKIK MERAH

Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia mirah siam, ruby, jasper, garnet dan juga koral. Jenis ini berkaitan dengan cakra kesatu (terletak di tunggir, bagian “tempat duduk”). Pengaruh getarannya menumbuhkan hawa-panas, menambah tenaga tubuh dengan cara keseluruhan sebab mempengaruhi peredaran darah, men-jadi lebih giat bekerja dan juga menolong “membuka” cakra kesatu.

10. BATU AKIK COKLAT


Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia seperti tiger eye, akik, topas coklat, dan juga jasper jenis ini dapat dicontohkan batu limau madu, limau manis. Jenis ini berkaitan dengan paha. Diyakini getarannya menambah ketenangan, memperkuat kaki bagian paha dan juga men-jadi “penyalur” tenaga menuju bawah.

11. BATU AKIK ABU-ABU

Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu akik, mutiara yang abu – abu, dan juga mata-kucing yang keabu-abuan, beserta badar besi. Getaran warnanya berkaitan langsung dengan bagian tengah kaki (betis). Pengaruh getarannya memperkokoh kaki, menambah ketabahan dan juga men-jadi “penyalur” tenaga menuju bumi.

12. BATU AKIK HITAM

Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu onyx, akik, koral hitam, safir hitam, batu wulung, seluruh jenis batu yang warnanya hitam kelam. Warna dan juga getarannya berkaitan dengan telapak kaki. Pengaruhnya amat memperkuat daya-fokus (ketekunan dalam urusan duniawi), keteguhan, ketabahan, dan juga menambah pula ketenangan. Selain tersebut men-jadi “penyalur” tenaga langsung menuju bumi.

Beberapa Jenis Batu Akik Indonesia

Batu Akik
Batu Akuamarin
Batu Ametis
Batu Bacan
Biduri laut
Batu biduri Bulan
Batu Cempaka
Batu Berlian
Batu Merah delima
Batu Chalcedony
Batu Giok
Batu Intan
Batu Kuarsa
Batu Krisokola
Batu Mutiara
Batu Mata kucing
Batu Akik Pirus
Batu Safir
Batu Zamrud
Batu Ruby
Batu Opal
Batu Spinel
Batu Bloodstone
Batu Tashmarine
Batu Quattro

Batu permata yang belum ada nama Indonesia

Batu Alexandrite/Chrysoberyl
Batu Chrysoprase
Batu Hematite
Batu Jasper
Batu Kunszite
Batu Lapis Lazuli
Batu Malachite
Batu Obsidian
Batu Olivine/peridot
Batu Pyrite=pirit
Batu Tanzanite
Batu Tourmaline
Batu Zircon.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Batu Akik dan Jenisnya

0 komentar:

Posting Komentar